Pengertian Belajar dan Pembelajaran

Belajar

Menurut Skinner belajar merupakan suatu perilaku. Dengan belajar maka responnya akan lebih baik dibanding  orang yang tidak belajar. Gagne berpendapat bahwa belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Setelah belajar seseorang pasti memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap dan nilai. Semua itu didapatkan dari stimulasi dari lingkungan serta proses kognitif yang dilakukan oleh pembelajaran. Piaget mengatakan belajar merupakan pengetahuan yang dibentuk oleh individu karena individu melakukan interaksi terus menerus dengan lingkungan yang terus berkembang dan mengalami perubahan.

Berbeda lagi dengan W. S. Winkel, beliau mengatakan belajar adalah bentuk perubahan diri seseorang yang dinyatakan dalam cara-cara bertingkah laku yang baru, akibat pengalaman dan latihan. Sartain mengungkapkan “The process by which a relativity enduring change in behavior occurs a result of experience practice” (belajar merupakan proses perubahan tingkahlaku yang relatif  tahan lama sebagai hasil dari pengalaman). Kemudian Surya, belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Jadi disimpulkan bahwa belajar adalah proses usaha untuk memperoleh perubahan dalan tingkah laku, pengetahuan, dan keterampilan individu yang didapatkan dari pengalaman dan interaksi individu terhadap lingkungan dan sosial.

Pembelajaran

Menurut Gagne, Briggs, dan Wagner dalam Udin S. Winataputra (2008) pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Dalam UU Nomor 20 Tahunn 2003 tentang Sisdiknas pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Dapat disimpulkan, pembelajaran itu merupakan kegiatan interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar yang memungkinkan terjadinya proses belajar peserta didik.

  1. Mencari perbedaan antara pembelajaran dan pengajaran

Pengajaran (kamarudin, 1993) merupakan penanganan urusan untuk memungkinkan siswa mengetahui atau menyelesaikan sesuatu yang mereka tidak dapat lakukan sendiri sebelumnya. Sedangkan, pembelajaran (UUSPN Nomor 20 Tahun 2003) merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar. Jadi, perbedaan antara penmbelajaran dan pengajaran terdapat pada prosesnya, karena pada dasarnya pembelajaran yang disampaikan kepada siswa akan berjalan dengan baik apabila dijalankannya pengajaran yang baik pula. Pengajaran dilakukan karena adanya masalah yang tidak bisa ditangani oleh peserta didik itu sendiri. Sedangkan, pembelajaran merupakan interaksi yang dilakukan pendidik dengan peserta didik yang menyampaikan suatu pengetahuan baru.

Sumber :

Mudjiono, dan Dimyati. Belajar dan Pembelajaran.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan(2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bagian III :        Pendidikan Disiplin Ilmu. PT Imperial Bhakti Utama.

Arlian, R. T., Aan F., Vella U. F. R., Lady A., dan Irma M. (2010). Konsep Dasar Belajar dan      Pembelajaran Secara Universal dan Perspektif Islam . Pendidikan Biologi, 10.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s